Jumat, 13 September 2013

Infrastruktur Jalan Kalbar Terburuk Se- Kalimantan


Jalan Kelam
Jalan Sintang - Pontianak
Sintang(kalbar Times) Ketua Koordinator Forum Biker Kapuas Raya, Rayendra mengatakan, dari hasil survey salah seorang biker asal Sumatra, Lucky asal Pekanbaru Tiger Klub (Petik) yang telah menjelajahi 33 Provinsi hingga ke kabupatennya, jalan Kalbar merupakan jalan kedua terburuk se-indonesia.

"tujuan utama dilaksanakannya penjelajahan kesetiap provinsi hanya untuk melakukan survey jalan terburuk yang ada di Indonesia, dari hasil survey nya tersebut, akses infrastruktur jalan yang ada dikalbar mendapat peringkat kedua terburuk setelah Provinsi Papua,"jelasnya.

Rayendra menambahkan, sementara untuk Biker Samarinda Matic, Andi yang juga melakukan penjelajahan keliling pulau kalimantan mengakui bahwa infrastruktur jalan yang ada dikalbar merupakan terburuk sekalimantan.

"Ia mengatakan jalan kita disini jalan terburuk di antara jalan yang ada di Kalimantan. Bahkan, dia bilang jalan kita disini adalah gang, makanya saya bingung waktu kita lewat depan rumah Bupati, dia tanya, ini gang apa?" ujarnya.

Saat ditanya  tentang peranan FBKR mengenai infrastruktur jalan yang buruk, ia mengatakan pihaknya sudah memasang plang peringatan di beberapa ruas jalan yang menunjukkan kepedulian FBKR akan keselamatan para pengendara.

Selain itu, FBKR yang terdiri dari 30 klub motor dengan 500 orang anggota yang bergabung, selalu menekankan pada anggotanya untuk menjadi contoh generasi muda yang suka mengendarai motor agar savety riding. Karena menurut Rayendra, bagaimanapun kondisi jalannya, jika pengendara tidak dibekali dengan savety riding maka terjadi kecelakaan yang bisa mengakibatkan kematian.

"Kita ingin FBKR menjadi contoh generasi muda yang suka menggunakan motor. Savety riding harus lebih ditekankan dalam persiapan berkendara, baik itu adanya SIM maupun kelengkapan berkendara lainnya,"kata Rayendra.
Ia juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini FBKR bekerja sama dengan satuan polisi lalu lintas akan mengadakan penyuluhan bagaimana berkendara dengan baik. Penyuluhan itu akan diberikan kepada anak-anak sekolah dan klub-klub motor.

"Tanggal 21-22 September nanti, Satlantas bersama FBKR akan mengadakan savety riding di Indoor untuk memperingati HUT Polantas ke-58, dengan adanya kegiatan ini kita harapkapkan tingkat kesadaran masyarakat terutama para kaula muda Sintang dalam berlalulintas meningkat sehingga tingkat lakalantas akan cenderung menurun, “pungkas Rayendra.(Lg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar